UNTUK CLOSE : KLIK LINK IKLAN DI BAWAH 1 KALI AGAR MELIHAT FULL ARTIKEL ^^


Rabu, 06 Juni 2012

Socotra, Pulau dengan Ratusan Tanaman Unik

[imagetag] pohon unik [DuniaQ Duniamu]

Tertegun dan menahan napas, mungkin itulah yang pertama kali Anda lakukan begitu sampai di Pulau Socotra, Yaman. Pulau ini memiliki lebih dari 800 spesies tanaman langka dan dijamin unik. Wiih!

Sebuah pemandangan tak biasa menyambut setiap turis yang tiba di Pulau Socotra, Yaman. Pulau ini terbilang unik dan spesial karena dihuni oleh ratusan tanaman langka. Yang membuat semakin unik, tanaman langka ini memiliki bentuk tak biasa. Tidak percaya, datang langsung saja ke Pulau Socotra.

[imagetag] pohon unik [DuniaQ Duniamu]

Pulau Socotra adalah kepulauan kecil dari empat pulau di Samudera Hindia, dekat dengan Teluk Aden, Yaman. Lebih tepatnya, sekitar 250 km di lepas Pantai Yaman.

Sama seperti Kepulauan Galapagos yang dihuni banyak spesies endemik, Pulau Socotra juga dipenuhi banyak spesies endemik, khususnya tanaman. Ada sekitar 825 spesies tumbuhan langka, dan lebih dari sepertiganya merupakan endemik.

[imagetag] pohon unik [DuniaQ Duniamu]

Socotra juga dipenuhi dengan banyak siput dan reptil, 90% di antaranya tidak akan ditemukan di tempat lain. Ekosistem di Socotra semakin unik dan menakjubkan dengan adanya 253 spesies terumbu karang, 730 spesies ikan pesisir dan 300 spesies kepiting, lobster dan udang di perairan lautnya.

Pulau Socotra akan menjadi destinasi unik dan mengesankan untuk para penggila traveling. Begitu tiba, para turis langsung dihadapkan dengan ratusan jenis spesies tanaman yang pasti tidak biasa. Yang paling menarik perhatian adalah bentuknya.

[imagetag] pohon unik [DuniaQ Duniamu]

Kalau biasanya pohon yang sering dilihat memiliki ranting dan daun yang memenuhi hampir setengah badan pohon, jangan harap Anda bisa menemukannya di sini. Pepohonan di Socotra memiliki dahan yang menghadap ke atas, dengan daun yang hanya tumbuh di ujung dahan.

Bentuknya pun aneh-aneh, ada yang dahannya menggembung di bagian bawah, ada pula yang batangnya besar di bawah tapi begitu melihat ke atas, batangnya terpecah menjadi beberapa bagian. Jika diamati lebih dalam, pohon yang ada di Socotra, mirip seperti pohon bonsai raksasa. Unik namun cantik, seperti yang ditulis situs Amusing Planet.

[imagetag] pohon unik [DuniaQ Duniamu]

Tapi hanya satu hal menarik perhatian setiap turis yang berada di Socotra, yaitu keberadaan tanamannya. Salah satu yang paling mencolok adalah Pohon Darah Naga atau Dracaena cinnabari. Pohon ini sangat aneh karena memiliki bentuk mirip payung.

Diberi nama Darah Naga, karena getah dari pohon ini berwarna merah. Penduduk pertama di Socotra menyebut getah ini sebagai darahnya naga. Pohon ini pun dinamakan pohon Darah Naga. Pohon lain yang unik dan endemik di Socotra adalah pohon jenis sukun-sukunan, pohon mentimun raksasa, pohon delima yang langka, dan pohon mawar gurun khas Socotra.
#ad2fcb
◄ Newer Post Older Post ►


 

Copyright 2011 Hati yang Gembira is proudly powered by blogger.com | Design by BLog Bamz Published by Template Blogger