UNTUK CLOSE : KLIK LINK IKLAN DI BAWAH 1 KALI AGAR MELIHAT FULL ARTIKEL ^^


Rabu, 06 Juni 2012

Inilah Desa Terdingin di Dunia

[imagetag] desa terdingin di dunia [DuniaQ Duniamu]

Bayangkan Anda tinggal di sebuah desa dengan temperatur udara -45 derajat celcius. Malah, Desa Oymyakon pernah mengalami musim dingin paling sadis dengan suhu yang mencapai -71 derajat celcius.

Desa Oymyakon berada di daerah Oymyakonsky di Republik Sakha, Rusia, demikian ditengok dari wikipedia. Oymyakon disebut sebagai daerah paling dingin di dunia. Pada musim dingin yang normal, suhu udaranya mencapai -45 derajat celcius. Sedangkan jika sedang mengalami musim dingin yang buruk, temperatur di sana bisa mencapai -71 derajat celcius.

[imagetag] desa terdingin di dunia [DuniaQ Duniamu]

Sebelum ditempati manusia, dulunya daerah ini adalah tempat pemberhentian sementara para gembala rusa. Namun pemerintahan Uni Soviet (pada sebelum tahun 1920) memutuskan untuk menjadikan desa ini sebagai tempat kaum nomadik yag dianggap susah diatur.

Kaum nomadik ini disebut sulit dikontrol dan memiliki keterbelakangan mengenai budaya dan perkembangan teknologi. Dari situlah, hadir masyarakat yang menempati kawasan terdingin di dunia dan desa ini tetap hidup hingga kini.

[imagetag] desa terdingin di dunia [DuniaQ Duniamu]

Saat ini, Desa Oymyakon diisi sekitar 500 penduduk dan mereka bisa menjalani hari dengan normal tanpa ada kendala suhu yang berarti. Ada sebuah sekolah yang buka setiap hari dan didatangi para muridnya kecuali suhu pada hari itu mencapai -52 derajat celcius. Ya, sekolah di Oymyakon hanya tutup jika cuaca benar-benar buruk.

Kebanyakan rumah di sana membakar batu bara dan kayu untuk membuat rumah mereka hangat. Tidak ada sinyal selular di sana, dan kalau pun ada, alat elektronik juga takkan bisa berfungsi dengan cuaca yang ekstrim itu. Bulu adalah pakaian wajib penduduk di desa itu.

[imagetag] desa terdingin di dunia [DuniaQ Duniamu]

Susahnya hidup di kawasan terdingin di dunia. Diintip dari situs Amusing Planet, tinta pulpen beku, baterai cepat habis dan besi bisa dengan mudah menempel dengan kulit. Mobil tidak bisa menyala jika tanpa bantuan api unggun di bawah mesinnya.

Meski begitu, Oymyakon memiliki daya tarik sendiri bagi para wisatawan yang penasaran bagaimana rasanya tinggal di daerah terdingin di dunia. Malah, mereka sengaja datang saat musim dingin untuk merasakan suhu dingin yang maksimal. Ada sebuah hotel yang tidak memiliki mesin pemanas ruangan dan tidak memiliki fasilitas kamar mandi di dalam.

[imagetag] desa terdingin di dunia [DuniaQ Duniamu]

Kebanyakan wisatawan mengunjungi kawasan pertanian, museum dan mencoba mancing di danau es. Jika cukup kuat, Anda juga bisa coba berendam di mata air panas yang terletak tidak jauh dari desa. Saat suhu setempat bisa mencapai minus puluhan derajat celcius, temperatur air panas hanya mencapai minus belasan derajat celcius.
#ad2fcb
◄ Newer Post Older Post ►


 

Copyright 2011 Hati yang Gembira is proudly powered by blogger.com | Design by BLog Bamz Published by Template Blogger