UNTUK CLOSE : KLIK LINK IKLAN DI BAWAH 1 KALI AGAR MELIHAT FULL ARTIKEL ^^


Kamis, 07 Juni 2012

Tips Usir Kantuk Usai Makan Siang

[imagetag]
Makan siang selesai. Mengiringi rasa kenyang usai menyantap makanan nikmat, kita tak jarang harus berjuang melawan serangan kantuk. Memaksa kita tak berhenti menguap dan kehilangan konsentrasi kerja

Serangan kantuk ini biasanya muncul sekitar pukul 14.00, dua jam setelah selesai makan siang, atau sekitar pukul 16.00, empat sampai lima jam sebelum makan malam. Agar pekerjaan Anda tidak keteteran, simak trik usir kantuk berikut ini:

1. Batasi porsi makan siang
Tubuh dapat diibaratkan sebagai mesin pengolah makanan. Jika makanan yang dikonsumsi berjumlah sangat besar, otomatis tubuh akan bekerja keras. Akibatnya, tubuh terasa lebih mudah lelah yang memicu mengantuk.

2. Pilihan menu
Saat makan siang, pilihlah makanan dengan kadar lemak yang rendah, seperti ikan, tahu atau  tempe. Ini untuk meredam kelenjar pankreas melepaskan lebih banyak insulin, yang akan memengaruhi neurotransmitter otak sehingga memicu kantuk.

3. Camilan segar
Pada jam-jam setelah makan, usahakan untuk mengkonsumsi camilan yang menyegarkan. Buah-buahan segar bisa menjadi pilihan seperti semangka, melon, pepaya, anggur, kiwi, atau apel. Agar energi yang terkuras setelah bekerja bisa terdongkrak lagi, segelas cokelat hangat juga bisa menjadi pilihan.

4. Olahraga ringan
Saat serangan kantung melanda, cobalah berjalan sekitar 10-15 menit. Tak perlu jauh-jauh keluar kantor. Anda bisa menjajal trik dengan mencari jalur terjauh menuju toilet, atau menapaki tangga di area kantor.

Kuncinya: kendalikan asupan makan, dan lakukan gerakan fisik ringan yang membuat tubuh bugar.
#ad2fcb
◄ Newer Post Older Post ►


 

Copyright 2011 Hati yang Gembira is proudly powered by blogger.com | Design by BLog Bamz Published by Template Blogger