UNTUK CLOSE : KLIK LINK IKLAN DI BAWAH 1 KALI AGAR MELIHAT FULL ARTIKEL ^^


Minggu, 10 Juni 2012

8 Etika di Gym

[imagetag]

Niat hati mau berolahraga, apa daya suasana hati malah jadi kusut. Teman gym yang menyebalkan atau perilaku orang-orang di gym yang mengesalkan memang mengganggu.


Tentunya Anda tidak mau menjadi orang seperti itu. Perhatikan beberapa hal ini agar terhindari dari label sebagai orang yang menyebalkan di pusat kebugaran.

Kebersihan
Kebersihan tentu mendukung terciptanya gaya hidup sehat. Pastikan Anda selalu membawa handuk, pakaian, serta kaos kaki bersih ketika berolahraga di tempat umum. Bayangkanlah berapa banyak orang yang akan terganggu jika kaos kaki lama yang sudah berbau kembali digunakan. Sepatu yang digunakan untuk berlari saat di tanah yang basah juga sebaiknya dibersihkan sebelum menginjak lingkungan atau peralatan di gym.

Selain menghormati rekan Anda, menggunakan peralatan yang bersih juga baik untuk kesehatan tubuh dan kulit sendiri.

Hormati area pribadi
Tidak semua orang datang ke gym untuk bersosialisasi. Banyak orang juga merasa perlu berkonsentrasi saat akan berolahraga di gym. Jadi tak perlu memulai percakapan dengan teman sebelah. Teman Anda datang ke gym untuk berolahraga, bukan untuk mendengar curhat tentang hubungan cinta Anda yang baru saja kandas.

Hormati juga jarak antara orang saat sedang melakukan perenggangan sebelum berolahraga. Begitu juga saat Anda melakukan gerakan atau perenggangan, usahakan jangan sampai menabrak atau menyentuh teman lainnya sehingga menganggu kenyamanan.

Rapikan peralatan
Jika Anda menggunakan alat beban atau peralatan lainnya, kembalikan pada tempatnya usai menggunakan. Jangan sembarangan meninggalkan alat beban atau peralatan setelah selesai. Kebiasaan ini sangat menganggu untuk rekan Anda yang berniat akan menggunakannya dan bisa membahayakan mereka saat tersandung atau terantuk.

Ingat keringat
Berkeringat adalah hal yang wajar. Tapi bisa menjadi hal yang menyebalkan jika Anda meninggalkan jejaknya sembarangan. Pastikan lap bersih bekas keringat Anda (karena Anda juga pasti enggan berbaring atau menyentuh peralatan yang basah karena keringat pengguna sebelumnya).

Bersihkan bekas keringat dan bekas pemakaian usai menggunakan sebuah alat. Anda juga bisa meminta bantuan tim kebersihan gym jika lantai yang Anda gunakan untuk berlatih basah karena keringat. Tindakan ini selain baik untuk kebersihan juga bisa mengurangi risiko kecelakan akibat lantai atau peralatan yang licin.

Aroma
Aroma yang turut keluar saat Anda berkeringat bisa jadi menganggu lingkungan. Tak perlu menggunakan parfum berlebihan pada pakaian (karena malah bisa menyebabkan bau tak sedap saat bercampur keringat). Cukup gunakan deodoran yang tepat sebelum berlatih untuk mengontrol aroma yang muncul akibat derasnya keringat.

Ingat waktu
Alat yang menjadi favorit biasanya jumlahnya terbatas. Hormati pengguna lainnya dan jangan menguasai alat padahal Anda tahu banyak yang menunggu. Sebaliknya, ketika Anda sedang menunggu, jangan menjadi orang yang menyebalkan dan melakukan intimidasi.

Menatap terus-menerus atau menanyakan kapan ia selesai bisa menganggu konsentrasi dan merusak mood teman Anda yang sedang menggunakan alat. Gunakan peralatan di gym dengan efektif dan hindari kegiatan yang bisa membuat waktu Anda lebih lama seperti bertelepon atau sibuk menonton televisi.

Kontrol suara
Jika berlatih bersama teman, usahakan jaga volume suara saat berbincang. Jangan berbicara atau tertawa dengan suara yang keras. Ingatlah selalu bahwa gym adalah tempat berolahraga dan bukan tempat bergosip.

Ketika sedang berlatih atau mengangkat beban, hindari pula mengeluarkan suara terlalu keras yang menarik perhatian. Saat gagal mencapai target tak perlu berteriak kesal apalagi mengeluarkan kata-kata makian dengan keras. Hormati teman-teman Anda yang perlu konsentrasi saat berlatih.

Suara ponsel juga tak kalah menyebalkan untuk orang yang sedang berkonsentrasi. Matikan nada panggil pada ponsel dan sebisa mungkin hindari berbicara di telepon dalam waktu yang lama saat berolahraga. Tak jarang beberapa orang di gym bahkan berbicara di telepon sambil berteriak.

Sok tahu
Mungkin Anda memiliki pengetahuan atau pengalaman lebih. Tapi bukan berarti Anda bebas mengkritik siapa saja yang menurut Anda melakukan latihan dengan cara yang salah. Tidak semua orang senang ditegur oleh orang tak dikenal.

Memberi tips dan trik pada teman lama Anda tentu dimungkinkan dalam suasana yang kondusif. Jika melihat orang yang melakukan gerakan berbahaya sebaiknya Anda meminta bantuan staf gym untuk mengingatkan.
#ad2fcb
◄ Newer Post Older Post ►


 

Copyright 2011 Hati yang Gembira is proudly powered by blogger.com | Design by BLog Bamz Published by Template Blogger