UNTUK CLOSE : KLIK LINK IKLAN DI BAWAH 1 KALI AGAR MELIHAT FULL ARTIKEL ^^


Minggu, 10 Juni 2012

7 Tips Kurangi Mual dan Muntah di Awal Kehamilan

[imagetag]

Hamil muda identik dengan rasa mual dan dan ingin muntah. Meski memang tak semua calon ibu mengalami gejala ini dengan parah, namun tak sedikit juga mereka yang merasa kehilangan seluruh tenaganya. Tak jarang mereka harus mengeluarkan semua apa yang sudah dimakan sebelumnya.


Gejala ini disebutmorning sicknesskarena biasanya terasa di pagi hari, bahkan sampai ada yang berlanjut ke siang hari. Paling sering terjadi di awal kehamilan dan akan berangsur berkurang di akhir trimester pertama dan menghilang di bulan kelima.

Terjadinya perubahan hormon ditenggarai menjadi penyebab utama gejala ini selain dari stres, kegelisahan, dan ketegangan.

Namun setidaknya ada tujuh tips yang mungkin dapat membantu Anda para calon ibu untuk mengatasi mual dan muntah tersebut:

1. Hindari pemicunya

Seperti terlalu banyak mengkonsumsi kafein, makanan laut, jus jeruk, hindari juga makanan yang terlalu berminyak, pedas dan makanan dengan bau yang kuat.

Hindari memasak dan menyiapkan makanan jika baunya mengganggu Anda. Bila perlu mintalah orang lain untuk memasak/menyiapkan makanan atau belilah makanan siap saji. Pilih makanan yang tidak beraroma dan berasa kuat, seperti pisang, nasi putih (bukan nasi goreng), dan roti bakar.

2. Jangan tunda makan

Karena bisa menyebabkan mual karena gula darah rendah (hipoglikemia). Perut juga akan berkontraksi lebih keras bila dalam keadaan kosong.

Selain itu, kekurangan nutrisi tertentu seperti kalium dapat menyebabkan Anda muntah lebih banyak lagi. Makanan ringan yang baik untuk ibu hamil antara lain puding, buah, bubur, dan kacang-kacangan.

3. Makan dan minum secara terpisah

Ini akan membantu pencernaan bekerja lebih mudah dan tidak membuat perut terasa penuh. Minumlah jus, susu atau sup di sela antara waktu makan.

4. Makanlah dengan porsi kecil tetapi sering

Misalnya setiap dua sampai tiga jam sekali. Progesteron menyebabkan pencernaan bekerja lebih lambat sehingga Anda harus menghindari perut terlalu penuh.

Makanlah dengan perlahan-lahan. Hindari makanan dingin karena dapat menyebabkan kerja pencernaan lebih berat.

5. Duduklah tegak setelah makan, jangan berbaring

Jangan langsung membaringkan tubuh setelah makan, sebaliknya setidaknya biarkan pencernaan Anda berkerja dulu untuk mengolah makanan, seperti duduk tegak.

6. Istirahat yang cukup

Tentu stres dan kelelahan dapat memperburuk kondisi ini. Pastikan dapatkan tidur malam yang baik dan istirahat yang cukup di siang hari. Bila Anda bekerja, tidak ada salahnya untuk mempergunakan jam istirahat untuk berbaringan sebentar.

7. Tidurlah dengan ventilasi yang baik dan gerakkan tubuh Anda lakukan jalan-jalan santai ringan di pagi hari

Sesekali keluar rumah untuk sejenak menggerakan tubuh Anda juga akan membantu mengabaikan atau mengurangi keinginan untuk muntah atau merasa mual dan dapatkan banyak udara segar.
#ad2fcb
◄ Newer Post Older Post ►


 

Copyright 2011 Hati yang Gembira is proudly powered by blogger.com | Design by BLog Bamz Published by Template Blogger