UNTUK CLOSE : KLIK LINK IKLAN DI BAWAH 1 KALI AGAR MELIHAT FULL ARTIKEL ^^


Sabtu, 19 Mei 2012

Wah, Ular Tangga Juara di 'Kontes 24 Jam' Microsoft

[imagetag]

Setelah 24 jam non-stop, Microsoft Developer Conference 2012: Windows 8 Hackathon akhirnya memunculkan tiga aplikasi terbaik. Nah, salah satunya merupakan aplikasi ular tangga karya mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).


Dua aplikasi lainnya yang juga jadi jawara adalah Sudoku dan Baby Write Number. Ketiga aplikasi terbaik ini berhasil menyisihkan 1.027 peserta karena dianggap mampu menampilkan terobosan baru yang dibangun di atas Windows 8.

Aplikasi Ular Tangga atau yang memiliki nama keren Ulo Ondo memiliki sistem permainan ular tangga yang biasa dimainkan oleh anak-anak. Diawali dengan mengundi dadu untuk memperoleh jumlah anak tangga yang akan ditapaki oleh seekor sapi.

Pada setiap pemberhentian muncul pertanyaan yang harus dijawab. Jika benar, mendapatkan poin. Kalau jawaban salah, posisi tangga tidak berubah tapi poinnya dikurangi.

"Untuk pertama kali saya menggunakan C# dan hasilnya bisa langsung menang," ujar Yanuar, salah seorang pembesut Ulo Ondo yang juga mahasiswa Pendidikan Teknik Informasi UNY.

Sementara Sudoku merupakan aplikasi karya lima mahasiswa Politeknik Negeri Bandung (Polban) yang berbeda dari aspek desain, tampilan, dan cara memainkannya.

"Sebenarnya Soduko ini plan D kita," kata Arisman, mahasiswa Teknik Informatika Polban.

Semula aplikasi untuk musik dan presentasi yang akan dibangun di atas Windows 8. "Rencana berubah setelah kami melihat fitur-fitur yang ada di Windows 8," lanjutnya.

Arisman dan empat rekannya yakni Fina Luthfiah, Septi Setiawan, Ruchi Karnawan, Reggy Budiana kemudian memilih Sudoku karena yakin desain dan tampilan yang dihasilkan bisa lebih baik.

Untuk menghasilkan tampilan yang lebih menarik dan interaktif, tim Polban ini memaksimalkan fungsi drag & drop di Windows 8 sehingga kesan lawas dan monoton di Sudoku tidak terlihat. Hasilnya, permainan menyusun angka-angka ini tampak lebih hidup.

"Tampilan Metro UI sangat membantu tampilan Sudoku ini tidak sekadar angka-angka," katanya.

Sedangkan Baby Write Number merupakan aplikasi bagi balita yang ingin belajar menulis angka 1 sampai 9. Metode penulisan angka dipandu oleh titik yang harus diikuti dengan menggerakkan mouse sampai terbentuk angka secara sempurna. Aplikasi yang ditujukan untuk balita ini cukup interaktif dan hidup sehingga menarik digunakan oleh anak-anak kecil.

Farid Zulkarnain, EVP Business Development Navcore Nextology, mitra Microsoft yang mewakili penyelenggara Microsoft Developer Conference 2012 menyatakan, karya mahasiswa ini merupakan bukti nyata tentang kemampuan pengembang Indonesia. Dalam waktu 24 jam mereka menghasilkan karya dengan kualitas setara dengan developer di belahan dunia lain.

"Apalagi jika diberikan waktu yang lebih banyak lagi," katanya.

Konferensi ini sendiri dihadiri oleh kalangan developer dari akademisi dari berbagai perguruan tinggi di Yogayakarta seperti UGM, UNY, UKDW, Akakom, Amikom, dan sejumlah kampus dari kota lain seperti Polban, IT Telkom Bandung, dan kota-kota lain.
#ad2fcb
◄ Newer Post Older Post ►


 

Copyright 2011 Hati yang Gembira is proudly powered by blogger.com | Design by BLog Bamz Published by Template Blogger