UNTUK CLOSE : KLIK LINK IKLAN DI BAWAH 1 KALI AGAR MELIHAT FULL ARTIKEL ^^


Minggu, 20 Mei 2012

Volui dan Basket Paling Bagus untuk Cegah Tulang Keropos

[imagetag] basket [DuniaQ Duniamu]

Selain dengan menjaga kecukupan kalsium, pengeroposan tulang juga bisa dicegah dengan olahraga. Menurut penelitian, jenis olahraga yang membutuhkan banyak lompatan seperti voli dan bola basket paling bagus menjaga kepadatan tulang.


Penelitian yang dilakukan di University of Gothenburg tersebut menunjukkan, kepadatan jaringan tulang cenderung lebih terjaga ketika seseorang rajin berolahraga. Tidak hanya massa tulang menjadi lebih padat, ukuran tulangnya juga cenderung lebih besar dan kokoh.

Tulang yang besar dan lebih padat diketahui lebih terlindung dari risiko pengeroposan tulang atau osteoporosis. Keuntungan ini juga mencegah risiko retak atau patah tulang yang sering terjadi di usia 50 tahun ke atas, baik laki-laki meupun perempuan.

Mattias Lorentzon, MD, PhD yang melakukan penelitian itu mengatakan, jenis olahraga tertentu dapat memberikan manfaat lebih dibanding olahraga lainnya. Dalam kaitannya dengan kepadatan massa tulang, olahraga yang banyak melibatkan lompatan dan gerakan tiba-tiba dinilai lebih menguntungkan.

Olahraga yang dimaksud Lorentzon antara lain adalah voli dan bola basket. Kedua jenis olahraga ini dinilainya paling bagus untuk menjaga kepadatan massa tulang, disusul jenis olahraga lain yang lebih sedikit melibatkan lompatan dan gerakan tiba-tiba yakni tenis dan sepakbola.

Hal itu dibuktikan Lorentzon saat mengamati 833 partisipan laki-laki berusia 18-20 tahun selama kurun waktu 5 tahun. Partisipan yang melakukan olahraga voli dan bola basket selama 4 jam/minggu terbukti mengalami peningkatan massa tulang sebanyak 1,3 persen dibanding olahraga lain.

"Laki-laki yang meningkatkan beban dalam aktivitas fisiknya di usia 19-24 tahun tidak hanya membentuk tulang lebih kuat tetapi juga lebih besar dibandingkan yang tidak olahraga," kata Loretzon seperti dikutip dari Indiavision.
#ad2fcb
◄ Newer Post Older Post ►


 

Copyright 2011 Hati yang Gembira is proudly powered by blogger.com | Design by BLog Bamz Published by Template Blogger