UNTUK CLOSE : KLIK LINK IKLAN DI BAWAH 1 KALI AGAR MELIHAT FULL ARTIKEL ^^


Minggu, 13 Mei 2012

Tips Sukses Mennjadi Freelancer

[imagetag]

Freelancer merupakan pekerjaan dengan jam kerja fleksibel tapi menghasilkan. Mungkin Anda sangat tergiur mempunyai pekerjaan yang fleksibel, apalagi jika masih melanjutkan pendidikan. Namun, tidak semudah yang dibayangkan, Anda harus bisa mengatur strategi supaya pekerjaan tersebut berjalan dengan lancar. Untuk itu, diperlukan langkah yang tepat untuk seorang freelancer. Dikutip dari iDiva, simaklah lima cara berikut agar Anda bisa menjadi seorang freelancer yang sukses.

1. Tentukan Bidang Pekerjaan yang Sesuai
Sebelum masuk ke dunia freelance, sebaiknya Anda menentukan terlebih dahulu bidang apa yang ingin dijalani sesuai dengan minat serta hobi Anda. Jika Anda senang menulis, mungkin penulis atau jurnalis lepas dapat menjadi pilihan. Kalau Anda pecinta fashion, pilih fashion editor, desain interior, atau desainer fashion agar bakat semakin berkembang. Jika mencintai bidang fotografi, fotografer freelance juga merupakan pilihan baik karena fotografer freelance dapat berdiri sendiri atau bergabung bersama suatu perusahaan atau organisasi.

2. Memperluas Komunikasi kepada Banyak Orang
Setelah menentukan bidang yang akan ditempuh, perluaslah jaringan komunikasi dengan semua orang, terutama teman yang sudah mempunyai pengalaman dalam bidang Anda. Untuk menjadi freelancer, sangat penting mempromosikan diri di hadapan banyak orang.

Hal itu bisa dilakukan dengan menghubungi perusahaan yang pernah menerima Anda magang, mencari orang yang ahli dalam bidang tersebut, serta menjalin komunikasi seluas-luasnya hingga menemukan orang yang tepat diajak kerja sama. "Butuh ekstra sabar saat menjalaninya, tapi jika Anda sudah membuka satu pintu, pintu selanjutnya akan terbuka dengan sendirinya," tutur Yoshita Shah, seorang freelance journalist.

3. Manfaatkan Media Sosial
Manfaatkan media sosial sebagai 'jembatan' menjaring informasi, mempromosikan diri, serta berteman dengan banyak orang yang bisa membantu Anda nantinya. Anda dapat gunakan Facebook, Twitter, Linkedln, atau blog untuk mencari dan menyebarluaskan segala informasi.

4. E-Mail Marketing
Anda bisa gunakan e-mail sebagai strategi pemasaran. Kirimkan sebuah pesan yang berisi 'pengenalan' Anda kepada perusahaan, suatu kelompok, atau organisasi tertentu. Hal ini sangat mudah dilakukan dan cukup membantu demi pekerjaan Anda kedepannya.

5. Mencari Peluang di Internet
Temukan peluang Anda di internet. Gunakan search engine untuk mencari perusahaan yang menerima freelancer sesuai dengan bidang Anda. Kemudian, pertimbangkan kembali keinginan serta keputusan Anda sebagai seorang freelancer. Jika sudah yakin, Anda bisa segera hubungi perusahaan tersebut.

6. Pertimbangkan Tarif
Setelah memberikan yang terbaik sehingga menjadi freelancer yang cukup sukses, Anda bisa mempertimbangkan harga. Kemampuan atau skill yang Anda miliki harus mempunyai nilai tersendiri. Bagi pemula, jangan terlalu tinggi menentukan 'tarif' melihat pengalaman yang belum memadai. Anda bisa bertahap meningkatkan angka sesuai dengan kualitas yang Anda berikan. Setiap freelancer tidak akan memiliki 'tarif' yang tetap. "Bagi saya, 'tarif' tergantung jenis pekerjaannya, waktu yang telah diberikan, serta rincian lainnya," ujar Poonam Gaikwad, seorang freelance make-up artist.
#ad2fcb
◄ Newer Post Older Post ►


 

Copyright 2011 Hati yang Gembira is proudly powered by blogger.com | Design by BLog Bamz Published by Template Blogger