UNTUK CLOSE : KLIK LINK IKLAN DI BAWAH 1 KALI AGAR MELIHAT FULL ARTIKEL ^^


Rabu, 09 Mei 2012

Ingat 5 Hal ini saat Homestay di Rumah Penduduk

[imagetag] homestay [DuniaQ Duniamu]


Menginap dengan cara homestay sudah tidak asing lagi di telinga. Dengan tinggal di rumah penduduk, Anda bisa liburan sambil mengenal budaya setempat. Inilah 5 etika saat melakukan homestay.


Selain lebih murah, homestay bisa membuat liburan Anda lebih berwarna. Bisa berkenalan dengan orang baru dan jika beruntung, Anda bisa diantar ke destinasi wisata yang belum dikenal wisatawan namun sudah dikenal baik oleh warga lokal. Disusun detikTravel, inilah hal-hal yang harus diperhatikan saat homestay:

1. Kenali budaya setempat

Setiap destinasi wisata yang Anda kunjungi memiliki kekhasan budayanya masing-masing. Apalagi saat Anda memilih untuk homestay, mengenal budaya setempat adalah harga wajib. Hindari bentrokan budaya yang akan membuat keadaan di rumah homestay yang Anda inapi jadi tidak enak.

Jangan memakai baju pendek saat berlibur di tempat yang kental dengan nilai agama. Meski terasa berat, mengikuti adat-istiadat dan budaya di tempat Anda liburan adalah hal yang harus dilakukan. Seperti kata pepatah, di mana kaki dipijak, di situ langit dijunjung.

2. Tetaplah bersikap ramah

Hiking atau surfing seharian tentu menguras tenaga. Setelah seharian, ingin rasanya Anda segera beristirahat tanpa harus beramah-tamah dengan orang lain. Ingat, Anda sedang tinggal bersama orang lain, tetaplah bersikap dan bertindak dengan baik dan ramah.

Jika lelah, Anda bisa bilang ke orang yang ada di rumah dan meminta izin untuk istirahat. Jika disampaikan dengan sikap yang baik, mereka pun akan dengan senang hati menerimanya.

3. Jaga sopan santun

Saat menginap beramai-ramai, dunia pun serasa milik Anda dan teman-teman. Tertawa dan mengobrol seru sudah tentu jadi kegiatan wajib. Semua hal itu sebenarnya sah-sah saja dilakukan, asal tetap menjaga sopan santun.

Teriak dan tertawa saat tengah malam itu sangat mengganggu orang lain. Saling mengingatkan saat ada yang terlalu ribut adalah salah satu cara jitu yang bisa dilakukan. Selain itu, jaga juga pilihan kata yang akan digunakan. Usahakan untuk mengutamakan kesopanan. Ingat Anda bukan sedang berada di rumah sendiri

4. Jadilah bagian dari keluarga

Saat homestay, otomatis Anda jadi bagian dari sebuah keluarga. Hilangkan sikap cuek yang tidak mau tahu kegiatan orang lain. Jika malas, paksa diri Anda untuk lebih peduli. Membantu di dapur atau menyapu lantai dan halaman rumah adalah beberapa kegiatan yang bisa Anda lakukan. Semakin sering terlibat dengan kegiatan di rumah homestay, makin dekat hubungan Anda dengan keluarga.

Pasti senang rasanya mendapat keluarga baru yang ramah dan hangat. Dengan begini, liburan Anda akan lebih dalam dari sekadar menemukan destinasi cantik atau menakjubkan. Lebih dari itu semua, Anda bisa bertemu keluarga baru saat liburan.

5. Bawa buah tangan

Mendapat oleh-oleh atau buah tangan dari tamu yang datang pasti menyenangkan. Tak perlu mahal atau banyak, yang penting bisa berguna bagi orang yang diberi. Anda bisa membawa buah, makanan pokok atau seprai sebagai buah tangan.

Jika tak memiliki buah tangan, Anda pun bisa memberi beberapa benda sederhana yang memiliki kenangan. Anda bisa mengirim foto Anda bersama keluarga homestay atau langsung memberikan foto tersebut kepada mereka jika menggunakan kamera Polaroid. Hal kecil ini bisa lebih berharga dari uang.

sumber : detik
#ad2fcb
◄ Newer Post Older Post ►


 

Copyright 2011 Hati yang Gembira is proudly powered by blogger.com | Design by BLog Bamz Published by Template Blogger