UNTUK CLOSE : KLIK LINK IKLAN DI BAWAH 1 KALI AGAR MELIHAT FULL ARTIKEL ^^


Jumat, 11 Mei 2012

5 Tips Nyaman Berkemah

[imagetag]

Kondisi dan kontur tanah adalah satu hal yang patut diperhatikan. Tak hanya itu, ada beberapa hal lain yang perlu Anda ketahui ketika berkemah. Hal ini penting agar petualangan Anda berjalan dengan sempurna.

detikTravel, menghimpun 5 tips untuk Anda praktekkan ketika berkemah:

1. Pilih lokasi yang tepat untuk berkemah

Carilah tempat terbuka seperti lapangan untuk mendirikan tenda. Hal ini penting untuk Anda bisa melihat sekeliling dan menerima sinar matahari pagi keesokan harinya. Akan lebih baik jika Anda menemukan lokasi yang dekat dengan air mengalir seperti sungai, untuk memenuhi kebutuhan air selama camping. Dengan dataran terbuka yang cukup luas, Anda juga bisa membuat api unggun tak jauh dari tenda.

2. Perhatikan kontur dan kondisi dataran

Anda tak mungkin membangun tenda di tanah yang gembur, becek, atau bahkan terlalu keras. Tanah yang terlalu keras membuat patok yang ditancapkan tak bisa masuk jauh ke dalam tanah. Pilihlah tempat berkemah di tanah yang tak terlalu keras, namun cukup untuk patoknya menancap dengan kuat.

3. Buatlah tenda sebelum hari beranjak gelap

Membangun tenda membutuhkan ketelitian karena beberapa bagiannya cenderung tajam. Oleh karena itu, Anda sebaiknya mulai membangun tenda sebelum hari beranjak gelap sekitar pukul 18.00. Membangun tenda ketika gelap bisa berakibat fatal, termasuk kecelakaan.

4. Carilah titik yang tepat untuk membuat api unggun

Tenda dan barang-barang Anda harus berada minimal 3 meter jauhnya dari api unggun. Semua barang harus dijauhkan dari api unggun, termasuk minyak, spirtus, atau bahan-bahan mudah terbakar lainnya. Jangan lupa untuk membuat api unggun di tanah yang cenderung kering. Jangan lupa juga, matikan api unggun dengan benar sebelum meninggalkan area perkemahan. Tentunya Anda tak ingin menjadi salah satu tersangka pembakaran hutan, bukan?

5. Berhati-hatilah dengan hewan

Baik itu serangga maupun hewan berbahaya seperti ular, bisa saja masuk ke dalam tenda Anda. Triknya, ambillah segenggam garam lalu taburkan di sekitar tenda untuk menghindari hewan melata. Jika terdengar suara binatang buas, Anda bisa mengarahkan senter ke arah datangnya suara tersebut untuk mengusirnya. Jangan tinggalkan bekas makanan, minuman, atau sampah lain di luar tenda. Jika ingin terhindar dari serangga, jangan gunakan parfum atau wewangian pada kulit maupun pakaian.

sumber : detik
#ad2fcb
◄ Newer Post Older Post ►


 

Copyright 2011 Hati yang Gembira is proudly powered by blogger.com | Design by BLog Bamz Published by Template Blogger